Macam-macam web browser

Macam-macam web browser - Saya akan menjelaskan mengenai macam - macam dari web browser yang biasa digunkakan dalam internet. Sebelum membahas tentang macam-macam web browser, terlebih dahulu kita harus mengetahui dulu tentang pengertian web browser. Secara singkat, Web Browser merupakan sebuah piranti lunak atau aplikasi (baik desktop maupun mobile) untuk mengunduh, menyajikan, mengirim data informasi di WWW (World Wide Web) atau seluruh dunia selama memiliki koneksi internet.
Langsung saja dibawah ini ulasan tentang beberapa web browser terpopuler.

1. MOZILLA FIREFOX

   
     Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban web lintas platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

      Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, open-source salah satu web browser yang paling banyak digunakan.

      Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah peramban web yang kecil, cepat, sederhana, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Sejak 3 April 2003, Firefox dan klien surel Thunderbird telah menjadi fokus utama pengembang Yayasan Mozilla untuk menggantikan Mozilla Suite.
Firefox dapat dijalankan pada berbagai macam sistem operasi seperti Microsoft Windows, Linux, Mac OS X, dan FreeBSD. Versi stabil terbaru Firefox saat ini adalah 26.0, yang dirilis pada 10 Desember 2013.

Spesifikasi dari mozilla firefox :
1. kecepatan        : Awal waktu startup 14 detik, rata-rata waktu startup 3,8 detik, waktu navigasi 6,4 detik

2. Fitur                  :  Tabbed Browsing, Integrated Ssearch Engine, Save Tabs, Custumization Options
                                Bookmark, Add ons, periksa ejaan, Zoom, parental kontrol, find on page.

3. Keamanan         : Pop-Up Blocker, Anti Spyware, antivirus, anti-phising, clear history, private mode



2. GOOGLE CHROME


Google Chrome adalah sebuah peramban web open source yang dikembangkan oleh Google Inc dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium.Google Chrome pertama kali di rilis oleh Google pada tanggal 2 September 2008, yang saat itu hanya untuk Microsoft Windows karena masih dalam status beta. Lalu pada 11 Desember pada tahun yang sama Google Chrome di luncurkan untuk semua sistem operasi karena telah mencapai versi stabil.
Dan pada bulan Januari 2012, Google Chrome diperkirakan telah berhasil meraih presentase 25-28% dari keseluruhan pengguna browser dunia, membuatnya sebagai browser kedua atau juga ketiga paling banyak di gunakan setelah Mozilla Firefox, menurut sejumlah sumber.

Spesifikasi dari google chrome :
1. Kecepatan    : Awal waktu startup 8.1 detik, rata-rata waktu startup 3,1 detik, waktu navigasi 7 detik

2. Fitur              : Tabbed Browsing, Integrated Search Engine, Autofill, Save Tabs, Customization
                          Options, Bookmarks, Rss feeds, Automatic update, Password manager, Find-On page
                           function, Zoom, Add-ons, Spell Check, Open Source Development, Seamless Download
                          Manager, Thumbnail Preview, Synchronize, Drag and Drop Download, Task Manager,
                          Paste and Search, Pin Tab.

3. Keamanan     : Pop Up Blocker, Anti Spyware, Anti Virus, Anti Phising, Clear Data, Private Mode



3. INTERNET EXPLORER





Internet Explorer (dulu dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE) adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus! for Windows 95 pada saat itu.

  Internet Explorer digunakan secara luas sejak tahun 1999, meliputi 95% dari keseluruhan penggunaan peramban web selama tahun 2002 hingga tahun 2003 dengan Internet Explorer 5 dan Internet Explorer 6. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan kompetisi peramban web, dan kini meliputi 55,92%. Microsoft telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer pada tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya.

Spesifikasi dari Internet Explorer :
1. Kecepatan : Awal waktu startup 8,5 detik, rata-rata waktu startup 2,2 detik,  waktu navigasi 7,4 detik

2. Fitur          : Inprivatte Browsing dan Filtering, Auto fill, Save Tabs, Customization Options, Bookmarks,
                      Rss Feeds, Parental Controls, Zoom, Add Ons, Delete Browsing History, Search Box,
                      Perlindungan Preferensi Pengguna, Accelerators, Web Slices, Suggested Sites, Smart Screen
                      Filter, Favorites Bar, Caret Browsing
           
3. Keamanan  : Pop Up Blocker, Anti Spyware, Anti Virus, Anti Phising, Clear Data, Private mode



4. OPERA

   Opera adalah peramban web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.
   Opera mulai dibuat pada tahun 1994 sebagai sebuah proyek penelitian Telenor, perusahaan telekomunikasi terbesar di Norwegia. Pada tahun 1995, Telanor bercabang menjadi perusahaan yang terpisah bernama Opera Software ASA. Opera pertama kali diluncurkan dengan versi 2.0 pada tahun 1996, yang hanya beroperasi pada Microsoft Windows. Dalam upaya untuk memanfaatkan munculnya pasar untuk perangkat genggam yang terhubung dengan internet, sebuah proyek untuk mengintegrasikan Opera ke platform perangkat mobile dimulai pada tahun 1998. Opera 4.0, yang dirilis pada tahun 2000, menampilkan core cross-platform baru yang memfasilitasi pembuatan versi Opera untuk beberapa sistem operasi dan platform.

Spesifikasi dari Opera :
1. Kecepatan      :  Awal waktu startup 7,1 detik, rata rata waktu startup 4,4 detik, waktu
                                navigasi 7,3 detik.

2. Fitur                : Tab browsing, terintegrasi dengan search engine, smart toolbar, thumbnail preview, save
                             tab, customize, daftar web page yang sering dikunjungi, RSS feeds, update otomatis,
                             password manager sinkronisasi, find on page, zoom, add ons, periksa ejaan, DLL

3. Keamanan      : Pop-up block, anti-spyware, antivirus, anti-phising, clear history.

Itulah beberapa ulasan tentang web browser.sekian terima kasih.

0 Response to "Macam-macam web browser"

Post a Comment